GROSIR KALIGRAFI KUNINGAN MURAH I JUAL KALIGRAFI KUNINGAN I GROSIR KALIGRAFI KUNINGAN : Home Industri Pintu Masjid Nabawi Hub 081326663434

Minggu, 04 Maret 2018

Home Industri Pintu Masjid Nabawi Hub 081326663434


Home Industri Pintu Masjid Nabawi 

Pintu masjid bukan hanya berfungsi sebagai tempat untuk masuk tapi bisa juga menjadi ciri khas dari sebuah masjid. Contohnya saja pintu yang ada di Masjid Nabawi. Pintu Masjid Nabawi terkenal dengan keindahannya dan juga jumlahnya yang sangat banyak. Siapa pun yang pernah mengunjunginya pasti akan takjub melihat banyak pintu dengan berbagai ornamen berwarna emas yang indah.
Oleh karena keindahan itu banyak juga masjid di Indonesia yang terinspirasi untuk membuat pintu replika Masjid Nabawi. Pengrajin pintu ini pun ada banyak, Anda bisa membeli pintu yang sudah jadi atau memesan kepada pengrajin pintu Masjid Nabawi. Oleh karena kebanyakan pengrajinnya mengerjakan pesanan secara rumahan maka masuk ke dalam jenis home industri.
Home industri bisa membuat perekonomian Indonesia semakin maju karena membuat semua kalangan bisa mendapatkan keuntungan yang besar dari hasil barang yang mereka produksi. Contohnya bisa menghubungi home industri pintu Masjid Nabawi hub 081326663434.


 Pintu Masjid Nabawi 


Replika dari pintu Masjid Nabawi saat ini termasuk produk yang paling banyak diminta untuk dibuat. Ciri khas dari pintu ini adalah memiliki ornamen berbentuk bulat pada bagian tengah pintu yang berwarna emas. Dalam ornamen itu dituliskan kaligrafi yang indah. Para pengrajin juga akan memberikan tulisan kaligrafi yang serupa dengan yang digunakan di pintu Masjid Nabawi asli.
Pasar pembuatan pintu Masjid Nabawi di Indonesia sudah sangat besar bahkan menjadi booming di seluruh wilayah Indonesia.
Oleh karena kebanyakan pengrajin pintu masjid Nabawi adalah dalam segmen home industri maka sangat membantu perekonomian masyarakat menengah ke bawah. Apalagi dengan jumlah pesanan yang meningkat, dan mulai dikenal juga ke luar negeri. Beberapa galeri khusus pembuatan pintu Masjid Nabawi telah terkenal sampai ke Amerika Serikat dan mengekspor produknya sampai ke sana.
Bahan Pembuatan Replika Pintu Masjid Nabawi
Meski hanya sebuah replika tentu saja pengerjaan pintu Masjid Nabawi ini harus dilakukan dengan matang, salah satunya dari segi pemilihan bahan bahan pembuatannya. Oleh karena pintu aslinya menggunakan kayu jati maka untuk replikanya juga lebih baik menggunakan jenis kayu yang serupa.
Sudah banyak yang tahu bahwa kayu jati memiliki ketahanan yang sangat baik sehingga akan membuat benda apa saja yang dibuat menggunakannya bisa awet sampai puluhan tahun. Namun tahukah Anda bahwa kualitas dari kayu jati terbagi atas tiga bagian? Kualitas dari kayu jati terbagi menjadi kelas atau grade, ada grade A, grade B, dan grade C. Perbedaannya adalah dari segi ketahanan dan bagian kayu jati yang digunakan. Ingin tahu perbedaan ketiga kelas ini? Berikut ini informasinya.
·         Kayu Jati Kelas A
Ini adalah kelas kayu jati terbaik karena yang digunakan adalah bagian jantung pohonnya yang terdapat di bagian tengah. Umurnya juga sudah sangat tua, minimal 40 tahun jadi sudah pasti bagus dan awet. Dilihat dari ciri-cirinya, kayu jati grade A memiliki serat yang selaras, lurus, dan rapat. Sementara warnanya sama dan memiliki serat yang berminyak sehingga agak licin jika dipegang.
Minyak tersebut yang membuat ketahanannya sangat baik, terbukti bisa bertahannya dalam 4 musim. Jika digunakan sebagai bahan pembuatan pintu Masjid Nabawi di Indonesia tentu ketahanannya akan lebih baik karena hanya memiliki dua iklim.
Namun kayu ini lumayan langka dan mahal sekali karena dari semua batang kayu grade A yang ditebang, yang digunakan hanya sebesar 25% maka dari itu pembuatannya sulit. Pintu Masjid Nabawi dengan kayu kelas ini biasanya digunakan pada masjid yang sangat besar dengan biaya pembangunan yang besar juga. Bahkan mungkin lumayan sulit mencari pengrajin yang bisa membuatnya kecuali yang punya modal dan skala besar.


 Pintu Masjid Nabawi 



       Kayu Jati Kelas B
Tentu saja kualitasnya ada di bawah kayu jati grade A sehingga harganya lebih murah dan lebih fleksibel, apakah digunakan pada masjid yang besar atau yang kecil. Bagian pohon jati yang diambil untuk pembuatan kayu jati grade B ini adalah bagian terluar jantung pohonnya. Sama seperti kayu jati grade A, dari keseluruhan batang pohon hanya 25 sampai 30% saja yang digunakan. Perbedaan dibanding dengan grade A adalah seratnya tidak terlalu beraturan, warnanya lebih terang, dan kurang mengkilap karena kadar minyaknya lebih sedikit. Meski di bawah kualitas grade A  tapi kayu ini termasuk yang terbaik juga.
·         Kayu Jati Kelas C
Ini adalah kelas paling rendah jadi kualitasnya tidak sebagus kayu jati grade A dan grade B. Maka dari itu banyak digunakan untuk masjid yang kecil dan biaya produksi yang minim. Bagian yang diambil untuk membuat kayu jati grade C adalah bagian pohon jati yang paling luar dan belum dewasa. Jumlah kayu yang bisa digunakannya juga lebih besar, yaitu 40 persen. Ciri-ciri dari kayu jati grade C adalah tidak mempunyai kandungan minyak sehingga warnanya putih, kayunya tidak bisa terlindungi jadi mudah rusak, dan memiliki banyak goresan.
Jadi kesimpulannya, idealnya bahan pembuatan replika pintu Masjid Nabawi yang bagus jika digunakan di Indonesia adalah grade B.
Meski memang berbeda tapi siapa saja bisa terkecoh jika semua produk dari ketiga kelas kayu ini sudah di-finishing dan dilapisi zat pewarna. Oleh karena semuanya akan terlihat sama jadi sulit untuk dibedakan. Maka dari itu Anda harus mencari pengrajin pintu Masjid Nabawi berkualitas, contohnya di home industri pintu Masjid Nabawi hub 081326663434.


 Pintu Masjid Nabawi 


Untuk bagian ornamennya menggunakan bahan kuningan. Kuningan adalah bahan pembuatan kerajinan yang merupakan campuran dari seng dan tembaga. Variasi warna dan sifatnya ada banyak sesuai dengan jumlah campuran yang digunakan. Kuningan paling bagus adalah yang menggunakan kadar seng dengan jumlah 39 persen karena lebih kuat tapi memang elastisitasnya menurun. Sedangkan untuk kuningan yang kadarnya dari 32 sampai 39 persen maka punya kemampuan kerja terhadap panas yang baik. Maka dari itu lebih baik jika kuningan dengan jumlah sebanyak ini digunakan untuk perabotan bukan untuk ornamen pintu Masjid Nabawi.
Untuk membuat replika pintu Masjid Nabawi tidak bisa asal karena sudah ditentukan ukuran idealnya. Ukuran dihitung dari lebar, tinggi, dan ketebalan kayunya. Umumnya ukuran lebar ideal untuk pintu Masjid Nabawi replika adalah dari 75 cm sampai 85 cm, sedangkan ketebalan daun pintunya sekitar 3,5 sampai 4 cm, dan tinggi daun pintunya sekitar 200 sampai 220 cm. Sementara itu untuk ornamen kuningannya biasanya memiliki ketebalan 5 cm dengan teknik single layer.
Jika Anda ingin langsung bertemu dengan pengrajin pintu Masjid Nabawi maka Anda bisa coba cari banyak informasi di internet mengenai alamat pengrajin pintu terbaik. Jika masih bingung coba hubungi home industri pintu Masjid Nabawi hub 081326663434, Anda bisa tanyakan dimana lokasi pembuatan pintu Masjid Nabawi ini. Anda bisa memesan pintu yang sesuai keinginan Anda, bisa juga memesan kubah masjid dari tembaga dan kuningan, serta kerajinan dari kuningan dan tembaga yang lainnya.
Itulah informasi mengenai home industri pembuat pintu Masjid Nabawi. Semoga pembahasannya bermanfaat bagi Anda!